Krisis Populasi Bikin Pening, China ‘Kebanjiran’ Susu

Pemerintah Dorong Pembentukan Harga Ideal antara Peternak dan IPS

China kini dibanjiri susu akibat terjunnya angka kelahiran, serta menurunnya permintaan konsumen. Hal ini terjadi meski peternakan sapi perah berkembang dalam beberapa tahun terakhir.

Data biro statistik China, seperti dikutip Reuters pada Jumat (20/9/2024), mengatakan konsumsi susu China turun dari 14,4 kg per kapita pada tahun 2021 menjadi 12,4 kg pada tahun 2022.

Pada saat yang sama, produksi susu di China, produsen terbesar ketiga di dunia, melonjak hingga hampir 42 juta ton tahun lalu, dari 30,39 juta ton pada tahun 2017. Angka ini melampaui target Beijing tahun 2025 sebesar 41 juta ton.

Harga susu China telah turun sejak tahun 2022 hingga di bawah biaya produksi rata-rata sekitar 3,8 yuan per kg. Situasi ini menyebabkan banyak peternakan yang merugi tutup dan peternakan lainnya mengurangi jumlah ternak mereka dengan menjual sapi untuk diambil dagingnya.

Modern Dairy, salah satu produsen utama China, melaporkan pengurangan separuh dari jumlah ternak sapi perahnya pada paruh pertama tahun ini, membukukan kerugian bersih sebesar 207 juta yuan (Rp 444 miliar).

“Perusahaan peternakan sapi perah merugi karena menjual susu dan menjual daging,” kata Li Yifan, Kepala Peternakan Sapi Perah (Asia) di perusahaan jasa keuangan komoditas StoneX.

Impor susu China, terutama dari Selandia Baru, Belanda, dan Jerman, turun 13% year-on-year menjadi 1,75 juta metrik ton dalam delapan bulan pertama tahun ini. Menurut data bea cukai China, susu bubuk, impor susu teratas, turun 21% menjadi 620.000 ton.

“Volume impor bersih produk susu pada tahun 2024 kemungkinan akan turun sebesar 12% dari tahun sebelumnya dan siklus penurunan produksi susu yang berkepanjangan dapat terus memengaruhi volume impor pada tahun 2025,” kata Rabobank Research dalam sebuah catatan bulan lalu.

Industri susu China menjamur setelah seruan Beijing pada tahun 2018 untuk lebih banyak peternakan dan produksi yang lebih tinggi. Ini menjadi bagian dari dorongan yang lebih luas untuk swasembada pangan yang lebih besar, memacu proliferasi peternakan dan impor ratusan ribu sapi Holstein untuk persediaan mereka.

Namun, selain ekonomi yang melambat, penurunan angka kelahiran juga berarti lebih sedikit bayi yang membutuhkan susu formula. Angka kelahiran di China pada tahun 2023 mencapai rekor terendah, yakni 6,39 per 1.000 orang, turun dari 12,43 pada tahun 2017.

Pasar susu formula bayi di China mengalami penurunan volume sebesar 8,6% dan nilai sebesar 10,7% selama tahun fiskal 2024 yang berakhir pada Juni dan mungkin akan terus menurun pada tahun 2025. Data ini menurut A2 Milk Company dari Selandia Baru, yang menjual susu formula bayi di China, pada bulan Agustus.

kadobet

LPS dan MA Teken Kerja Sama, Ini Kesepakatannya

LPS

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Mahkamah Agung Republik Indonesia (MA) menandatangani Nota Kesepahaman. Kerja sama itu dalam rangka memperkuat komitmen untuk meningkatkan koordinasi dalam upaya menjaga stabilitas sistem keuangan dan juga untuk memberikan kepastian hukum, utamanya untuk penguatan perlindungan dana masyarakat di perbankan maupun perusahaan asuransi di Indonesia sebagai antisipasi program penjaminan polis asuransi.

“Kerja sama ini akan membuka ruang untuk saling bertukar informasi, mengatasi berbagai tantangan hukum dan peraturan yang ada, serta menciptakan mekanisme yang lebih efektif dalam pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing. Tentunya kerja sama tersebut harus berjalan dengan penghormatan terhadap nilai independensi dari masing-masing lembaga,” ujar Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa di Bali, Jumat (20/9/2024).

Nantinya, ruang lingkup dari Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani ini akan meliputi, penguatan dan pengembangan hukum terkait dengan penjaminan dan perlindungan dana masyarakat yang ditempatkan pada bank serta perusahaan asuransi dan perusahaan asuransi Syariah.

Lalu, peningkatan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia serta penyediaan, pertukaran, dan pemanfaatan data dan informasi. Kemudian yang terakhir adalah bidang kerja sama lain yang disepakati oleh LPS dan MA sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Semoga Nota Kesepahaman ini menjadi langkah awal dari berbagai kegiatan kolaboratif dan inisiatif produktif, yang akan membawa kesuksesan dan kemajuan bagi pembangunan hukum dan sistem keuangan di Indonesia,” tutup Purbaya.

Sebagaimana diketahui, sesuai mandat Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 Tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UUP2SK), LPS diamanatkan untuk menjalankan Program Penjaminan Polis Asuransi. LPS akan mulai efektif menjalankan mandat baru ini paling lambat 5 tahun sejak UU P2SK ditetapkan. Penambahan peran ini tentunya menjadikan peran LPS di dalam industri keuangan akan semakin besar.

Sementara itu, Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin mengatakan, dengan terlaksananya Nota Kesepahaman antara Lembaga Penjamin Simpanan dengan Mahkamah Agung Republik Indonesia, maka pihaknya akan bekerja sama lebih intens lagi dengan LPS.

“Nantinya kami akan berkoordinasi sesuai dengan tugas dan kewenangan kita masing-masing yang ada irisannya antara LPS dengan kita yang perlu kita atur bersama. Sekarang pun telah berjalan, seperti misalnya kami sedang merancang Rancangan Peraturan Mahkamah Agung yang nantinya akan dibahas bersama LPS, lalu diuji publik baik oleh praktisi dan akademisi, baru akhirnya akan dibawa kembali ke Mahkamah Agung,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, saat ini, antara LPS dan Mahkamah Agung melalui Tim Pokja Bersama tengah menyusun Rancangan Peraturan Mahkamah Agung (Raperma), mengenai Tata Cara Penyelesaian Sengketa Bank dan Perusahaan Asuransi Dalam Proses Likuidasi Pengadilan Niaga. Raperma ini merupakan ketentuan yang melengkapi pengaturan dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan.

LPS pun melihat adanya urgensi untuk melakukan pengaturan lebih lanjut, khususnya terhadap kewenangan mengadili sengketa terkait LPS oleh peradilan dibawah Mahkamah Agung Republik Indonesia. Disamping itu Pokja bersama ini merupakan bentuk kolaborasi konkrit sebagai wujud komitmen kedua lembaga untuk memberi kontribusi bagi kemajuan sistem peradilan dan penguatan fungsi resolusi LPS.

kadobet

Bahlil Optimistis Hilirisasi Tambang Tetap Dilanjutkan di Era Prabowo

Menteri ESDM Bahlil Lahadalia menyatakan masih membahas aturan pembatasan Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia memastikan bahwa program hilirisasi di sektor pertambangan akan tetap dilanjutkan di era pemerintahan Prabowo Subianto.

Bahlil beralasan, program hilirisasi telah menciptakan nilai tambah dan memberikan manfaat bagi penerimaan negara.

“Lanjutlah. Kan Pak Prabowo ngomongnya hilirisasi, hilirisasi begitu,” kata Bahlil ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (20/9/2024).

Semula, Bahlil menegaskan bahwa pihaknya bakal menggenjot program hilirisasi di sektor pertambangan, mulai dari hilirisasi bauksit, timah, tembaga dan lainnya.

Hal tersebut menyusul kesuksesan hilirisasi komoditas nikel yang terlebih dahulu mendongkrak perekonomian RI.

“Jadi, saya katakan bahwa hilirisasi ini kan sudah jalan. Nikel kan sudah bagus. Sekarang kita hilirisasi di komunitas lain. Di bauksit, di tembaga, di timah,” kata Bahlil.

Bahlil menilai hilirisasi industri nikel dan sumber daya alam lainnya merupakan kunci dalam upaya pemerintah meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai di atas 5%.

“Tetapi sekarang kita lagi penataan terhadap bahan-bahan baku kita. Agar bahan baku kita betul-betul diberikan kepada perusahaan yang bisa melakukan hilirisasi. Atau bekerja sama dengan industri-industri,” ujarnya.

Seperti diketahui, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kerap memamerkan hasil dari ‘program kebanggaannya’ atau dalam hal ini adalah hilirisasi nikel. Tercatat, nilai ekspor dari hilirisasi tersebut mengalami kenaikan yang signifikan.

Berdasarkan data yang disebutkan Presiden Jokowi, nilai ekspor hilirisasi nikel RI melejit berkali-kali lipat, dari yang hanya Rp 33 triliun ketika hanya mengekspor bijih nikel, kini telah naik menjadi Rp 510 triliun.

“Seperti dikatakan Pak Menko Luhut Binsar Pandjaitan sekarang sudah US$ 34 billion nilai dari ekspor nikel kita, dari yang sebelumnya Rp 33 triliun melompat jadi kira-kira Rp 510 triliun,” ungkap Presiden Jokowi dalam peresmian pabrik bahan anoda baterai lithium milik PT Indonesia BTR New Energy Material, di Kendal, Jawa Timur, Rabu (7/7/2024).

Jokowi mengakui, bahwa kebijakannya mengembangkan hilirisasi dengan menyetop keran ekspor bijih nikel ke luar negeri mendapatkan pandangan pro dan kontra. Diantaranya gugatan dari Uni Eropa (UE) ke Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO).

“Dan kita kalah. tapi saya sampaikan negara ini adalah negara yang berdaulat, kepentingan nasional adalah segala-galanya buat kita. Tidak bisa kita didikte oleh siapapun,” terang Jokowi.

Yang terpenting saat ini, kata Jokowi, Indonesia sudah memulai untuk mengembangkan industri sebagai ekosistem besar dari kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV). Sehingga, impian membuat ekosistem kendaraan listrik kuat dan terintegrasi yang satu per satu mulai terwujud.

kas138

Begini Cara Bayar Pajak Jasa Kesenian dan Hiburan Secara Online

Para seniman tampil saat pentas seni budaya pada Welcoming Dinner 10th World Water Forum 2024 di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Badung, Bali, Minggu (19/5/2024). (Pusat Media World Water Forum 2024/Fikri Yusuf/pras/mifta)

Belum banyak pengusaha hiburan dan jasa kesenian yang tahu bahwa mereka juga harus membayar pajak, yaitu Pajak Barang dan Jasa Tertentu (PBJT) Jasa Kesenian dan Hiburan. Untuk diketahui, Jasa Kesenian dan Hiburan adalah jasa penyediaan atau penyelenggaraan semua jenis tontonan, pertunjukan, permainan, ketangkasan, rekreasi, dan atau keramaian untuk dinikmati.

Guna mempermudah pelaku usaha mendaftar objek pajak PBJT Jasa Kesenian dan Hiburan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyediakan layanan online melalui pajakonline.jakarta.go.id. Salah satu kemudahan menggunakan layanan pajak online adalah Anda tidak perlu repot-repot datang ke kantor pajak untuk mendaftarkan objek pajak karena semua proses dapat dilakukan dengan cepat di mana saja dan kapan saja.

Kepala Pusat Data dan Informasi Pendapatan Bapenda Jakarta, Morris Danny berharap ke depannya akan semakin banyak pelaku usaha yang memanfaatkan teknologi untuk memenuhi kewajiban perpajakan mereka.

“Ke depannya, diharapkan semakin banyak pengusaha yang memanfaatkan layanan ini untuk memenuhi kewajiban pajak. Tidak hanya itu, pemerintah juga terus berupaya untuk menyederhanakan prosedur dan memberikan pelayanan terbaik bagi wajib pajak,” ujarnya dikutip Kamis (19/8/2024).

Nah bagi yang belum tahu bagaimana cara mendaftarkan objek PBJT Jasa Kesenian dan Hiburan, cek langkah-langkah berikut ini:

1. Masuk ke laman pajakonline.jakarta.go.id
2. Klik tombol “Masuk”, gunakan email dan password yang telah terdaftar lau klik kotak “I’m Not A Robot” lalu klik “Masuk”.
3. Klik menu “Jenis Pajak” yang ada di pojok kiri bawah, lalu klik opsi “PBJT Jasa Kesenian dan Hiburan”. Selanjutnya, baca pengumumannya dan klik “Ya, Saya Mengerti”, kemudian klik opsi “Pelayanan”.
4. Pilih “Tambah Permohonan Pelayanan” pada pojok kanan atas, maka formulir tambah permohonan pelayanan akan ditampilkan.
5. Pada kategori jenis pelayanan pilih “Pendaftaran Objek Baru”. Untuk kategori jenis sub pelayanan pilih “Pendaftaran Objek Baru”, kemudian klik “Unduh Template”.
6. Setelah terunduh maka template akan tampil, kemudian isi Data Objek Pajak, Data Wajib Pajak, Data Usaha dengan sebenar-benarnya dan beri tanda “X” pada pada jenis jasa kesenian dan hiburan yang anda daftarkan. Lanjutkan pengisian datanya.
7. Isi data keterangan lain-lain, setelah data terisi seluruhnya, isi Tanda Tangan dan pastikan data telah terisi dengan lengkap jika sudah terisi simpan dengan klik “File”, klik “Save As”, ubah format menjadi “PDF”, kemudian klik “Save”.
8. Kembali pada laman permohonan pelayanan pajak online. Isi identitas wajib pajak dan data objek pajak sesuai dengan data sebenarnya. Setelah selesai mengisi, masukan data pendukung dengan file PDF sesuai dengan jenis data pendukung yang diminta.
9. Centang pernyataan “Saya Setuju Dengan Pernyataan Di Atas”. Kemudian klik “Simpan”. Data pendaftaran PBJT Jasa Kesenian dan Hiburan telah berhasil disimpan.

Agar lebih mudah, Anda juga bisa menonton video tutorial cara pendaftaran PBJT Jasa Kesenian dan Hiburan melalui YouTube. Dengan mengikuti prosedur perpajakan dengan benar, Anda tidak hanya memenuhi kewajiban hukum, namun turut menjaga kredibilitas serta keberlanjutan usaha.

kas138

GOTO dan Alibaba Capai Kesepakatan Ini, Harga Saham Ngegas 25%

Ilustrasi GOTO. (Dok. Goto)
Foto: Ilustrasi GOTO. (Dok. Goto)

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) berhasil meyakinkan salah satu pemegang saham terbesarnya, Alibaba, untuk berkomitmen membantu perusahaan hingga lima tahun ke depan.

Komitmen Alibaba terungkap dalam keterbukaan informasi GOTO Selasa sore (17/9). Intinya, perseroan menyatakan telah membuat kerjasama strategis dengan Alibaba untuk penggunaan teknologi komputasi awan (cloud) di seluruh ekosistem GOTO hingga lima tahun ke depan. Pada saat bersamaan, Alibaba menegaskan akan tetap bersama GOTO setidaknya hingga kemitraan tersebut berakhir.

Kesepakatan kedua pihak berdampak signifikan karena menjawab kekhawatiran pelaku pasar selama ini tentang rencana Alibaba yang bakal terus mengurangi kepemilikan saham di GOTO. Raksasa teknologi besutan Jack Ma itu pernah menyatakan akan restrukturisasi strategi bisnis secara besar besaran, termasuk meninjau ulang sejumlah investasi mereka di banyak negara.

Alibaba pernah menjual 16,2 miliar saham GOTO pada Februari 2024. Porsi sahamnya pun berkurang signifikan dari 8,72% menjadi 7,37%. Aksi jual ini bukan hanya mengagetkan pelaku pasar, juga memberi tekanan luar biasa pada harga GOTO. Terhitung sejak Februari, harga saham GOTO terus longsor dari ketinggian Rp84 hingga mencium kanvas Rp50 pada Juli lalu.

“Investor terbesar GOTO buang barang 16,2 miliar saham itu langsung mempengaruhi psikologis investor. Sejak saat itu, investor selalu diliputi kekhawatiran bahwa Alibaba akan menjual lagi sahamnya dalam jumlah besar dan bisa menekan harga. Akhirnya, investor cenderung menjauhi GOTO hingga urusan Alibaba selesai,” kata Analis Kiwoom Sekuritas Abdul Azis, Rabu (18/9/2024).

Dengan pernyataan terbaru komitmen Alibaba untuk ikut membesarkan GOTO hingga lima tahun ke depan, maka kekhawatiran akan terjadi sell off lanjutan bakal lenyap dengan sendirinya. Kini, situasinya malah berbalik, dari tekanan jual menjadi dorongan beli. “Apalagi di saat yang sama, eks CEO GOTO Andre Soelistyo juga sudah menjual habis seluruh saham seri A. Jadi, faktor penekan harga yang tercermin pada antrian jual dengan volume jumbo, semakin berkurang. Ini dapat membangkitkan optimisme pasar,” katanya.

Sebagai catatan, Alibaba berinvestasi di GOTO melalui Taobao China Holding Limited. Jumlah kepemilikannya saat ini mencapai 88,5 miliar saham atau setara 7,37%. Pada perdagangan hari ini, saham GOTO sempat menyentuh Rp67 sebelum ditutup di level Rp65 atau menguat 6,56%. Ini kenaikan harga beruntun terhitung sejak 6 September. Jika ditarik dari posisi 3 bulan sebelumnya, saham GOTO telah melesat 25%.

kas138

8 Cara Setop HP Dilacak, Begini Tanda Anda Sudah Disadap

Infografis: Ini Cara Mudah Lacak Hp Suami Pakai Google Maps
Foto: Infografis/Ini Cara Mudah Lacak Hp Suami Pakai Google Maps/Arie Pratama

Sudah menjadi rahasia umum bahwa HP dilengkapi fitur yang bisa melacak lokasi seseorang. Jika Anda tak mau ‘dibuntuti’, ada 8 cara untuk menanggulanginya. 

Berikut cara mudah untuk menghindari orang lain melacak lokasi atau memata-matai HP menurut New York Post:

Sesuaikan Pengaturan Lokasi

Ada fitur ‘Frequent Locations’ untuk mengetahui di mana kita berada, berapa lama kita berada di sana, dan berbagai aktivitas lainnya. Berikut langkah mematikannya:

  • Buka ‘Pengaturan’.
  • Ketuk Privasi dan Keamanan.
  • Pilih Layanan Lokasi.
  • Gulir ke bawah ke Layanan Sistem.
  • Pilih Lokasi Signifikan lalu pilih Nonaktifkan.

Perangkat Android

  • Buka ‘Pengaturan’.
  • Pilih Lokasi atau Lanjutan.
  • Nonaktifkan ‘Gunakan Lokasi’.
  • Pilih ‘Hapus Riwayat Lokasi’ untuk menghapus cache lokasi perangkat.

Sesuaikan Pengaturan Iklan

Sistem Operasi iOS

  • Buka ‘Pengaturan’
  • Ketuk Privasi dan Keamanan
  • Ketuk Iklan Apple
  • Nonaktifkan Iklan yang Dipersonalisasi

Sistem Operasi Android

  • Buka Pengaturan
  • Ketuk Google
  • Ketuk Iklan
  • Aktifkan Menyisih dari personalisasi iklan

Hentikan Google Lacak Anda

  • Masuk ke Akun Google
  • Klik Data dan personalisasi
  • Di bawah Kontrol Aktivitas, ketuk Aktivitas Web dan Aplikasi dan matikan

Mode Incognito

Gunakan Mode Incognito untuk menghentikan Google mengingat aktivitas kita. Buka Chrome lalu pilih tab Incognito baru pada menu titik tiga di kanan atas.

Pengguna iPhone bisa menggunakan browser default Safari lalu akses halaman pribadi. Caranya cukup ketuk ikon jendela di pojok kanan bawah lalu pilih Private.

Periksa Akun Online

Ketika membuat akun yang terafiliasi dengan perusahaan besar seperti Google, Microsoft atau Facebook, maka mereka akan mengetahui segala aktivitas dan kegiatan Anda.

Untuk menghindari hal tersebut, ketiga perusahaan tersebut memiliki sistem untuk membatasi masalah itu. Google dan Microsoft memiliki dasbor akun untuk kontrol privasi dan memeriksa apa saja yang mereka ketahui.

Keluar dari Iklan

Periklanan digital mempunyai halaman pilihan konsumen yang berguna untuk melihat mana saja mitra yang saat ini menargetkan Anda dengan iklan yang disesuaikan di ponsel kita.

Setelah masuk ke web, ponsel akan dipindai, dan setelah itu kita dapat melihat daftar mitra. Dari situ kita bisa melihat praktik yang digunakan perusahaan untuk iklan berbasis minat. Penting untuk diingat jika hal ini tidak akan menghapus semua iklan yang ada.

Periksa Asisten Virtual

Baik Android maupun iOS, saat ini dilengkapi dengan Google Assistant dan Siri sebagai asisten virtual. Besar kemungkinan suara yang kita gunakan pada fitur tersebut disimpan di server pusat untuk ‘diproses’.

Kemungkinan data ini disimpan sebagai anonim dan dijalankan melalui algoritma yang mencari perilaku serta pola yang dapat digunakan untuk iklan bertarget.

Sesuaikan Izin Aplikasi

Sebelum memasang aplikasi, ponsel Android biasanya akan memberi ikhtisar permintaan izin, penting untuk selalu memeriksa izinnya.

Aplikasi Apple juga biasanya menampilkan pop-up akses izin. Seringkali aplikasi meminta izin untuk informasi yang lebih banyak, kemungkinan untuk kepentingan menyebarkan iklan. Dari situ kita harus jeli terhadap akses izin yang ditawarkan aplikasi tersebut.

Tanda aplikasi penguntit

Berikut 10 tanda terdapat aplikasi penguntit di ponsel kita, menurut laporan VPNOverview, dikutip dari Newsweek, Selasa (20/12/2022):

1. Reboot acak
2. Performa lambat
3. Pesan teks aneh
4. Suhu HP terlalu panas
5. Penggunaan data yang terlalu tinggi
6. Aplikasi asing dalam daftar aplikasi
7. Baterai cepat habis
8. Butuh waktu lama untuk shut down
9. Suara aneh saat menelepon
10. Tanda aktivitas dalam mode siaga

Aplikasi pemantau HP

Anda juga bisa memantau kegiatan pasangan atau keluarga lewat sejumlah aplikasi pemantau. Aplikasi ini bisa mengetahui seperti riwayat telepon hingga lokasi terkini mereka yang dipantau.

Namun perlu diingat aplikasi-aplikasi itu perlu izin akses dari HP yang dipantau. Jadi pastikan telah meminta izin pada mereka yang mau kamu pantau sebelumnya.

Ini 8 aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk pantau kegiatan orang lain, dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (20/1/2023):

1. Family Go

Family Go adalah aplikasi pelacakan GPS khusus untuk keluarga yang punya anak. Anda bisa mengakses lokasi semua anggota keluara via aplikasi ini secara real-time.

Beberapa fitur lainnya termasuk menandai lokasi favorit, memeriksa baterai ponsel, obrolan privasi terintegrasi, perencana terintegrasi, dan banyak lagi.

2. The Truth Spy

Aplikasi lainnya adalah The Truth Spy. Ini bisa digunakan pula untuk memantau ponsel milik anak-anak. Dari HP yang dipantau, pengguna dapat membuka aplikasi Facebook hingga Snapchat.

3. Line Here

Line Here merupakan fitur yang berasal dari Line. Fitur ini bisa mengetahui lokasi orang lain. Sebelum melakukan berbagi lokasi, yang perlu dilakukan adalah meminta izin memantau lokasi dari mereka yang akan dipantau.

4. Mobile Tracker

Kamu juga bisa mengetahui lokasi secara realtime dan akurat dengan menggunakan aplikasi ini. Mobile Tracker juga perlu izin akses dari perangkat yang dipantau.

5. Google Maps

Google Maps adalah pilihan yang bisa diandalkan untuk menemukan HP yang hilang, tetapi memang memerlukan beberapa pengaturan sebelumnya. Anda dapat membagikan lokasi dengan teman tepercaya, orang tersayang, dan anggota keluarga langsung melalui Google Maps tanpa pihak ketiga.

Dari sana, cukup gunakan fitur Family Locator di dalam aplikasi untuk menemukan HP yang hilang atau dicuri.

6. Life 360

Aplikasi ini bisa digunakan secara kolektif dengan keluarga dan teman. Fungsi dan antarmukanya lumayan mirip dengan FamilyGo. Alhasil, ketika HP hilang, keberadaannya bisa dilacak dari HP teman atau keluarga.

7. AirDroid

AirDrop dapat mengetahui riwayat telepon dan pesan. Selain itu juga bisa melihat chat pada aplikasi seperti WhatsApp dan Line. Pengguna AirDrop juga bisa mengakses kamera jarak jauh, namun dengan akses dari pemilik HP yang dipantau.

8. Family Locator

Lokasi anggota keluarga kamu juga bisa dilihat melalui aplikasi Family Locator. Aplikasi juga bisa terhubung melalui pesan instan.

Kronologi Lengkap Arsjad Rasjid Didepak dari Ketua Umum Kadin

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud MD, Arsjad Rasjid. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
Foto: Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud MD, Arsjad Rasjid. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memanas usai menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) di Hotel St Regis, Jakarta, Sabtu (14/9/2024). Hasil Munaslub menetapkan Anindya Bakrie jadi Ketua Umum Kadin menggantikan Arsjad Rasjid.

Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan Kadin Indonesia Bambang Soesatyo yang hadir dalam acara itu mengatakan, Munaslub dihadiri 28 Kadin Provinsi dari total 34, dan 25 Asosiasi.

Karena peserta Munaslub ialah pimpinan Kadin daerah mayoritas dan sudah aklamasi, yakni 28 dari 34 Kadin Provinsi, maka kepemiminan Anin sah dan tak menyalahi AD/ART organisasi.

Sebelum Munaslub dilaksanakan, Dewan Pengurus Kadin menyatakan bahwa upaya menggelar Munaslub yang diusulkan oleh sejumlah Kadin Provinsi bertentangan dengan AD/ART Kadin Indonesia.

Selain itu, upaya Munaslub dengan agenda menggantikan Ketua Umum berpotensi menimbulkan perpecahan di tubuh organisasi yang nantinya merugikan iklim dunia usaha nasional.

Sesuai dengan AD/ART Kadin Indonesia, jelasnya, Munaslub hanya dapat digelar apabila ada pelanggaran terhadap prinsip-prinsip yang tertuang di dalamnya, dan itu pun setelah diberikan dua kali peringatan tertulis yang tidak diindahkan. Selain itu, permintaan untuk Munaslub harus diajukan oleh minimal setengah dari jumlah Kadin Provinsi dan setengah dari jumlah Anggota Luar Biasa.

“Sampai saat ini, kami selaku Dewan Pengurus belum pernah menerima surat peringatan terkait adanya pelanggaran yang dilakukan baik oleh Dewan Pengurus maupun Ketua Umum. Karena itu, kami baik di tingkat Provinsi maupun di Kabupaten/Kota, dan seluruh Anggota Luar Biasa tetap solid dan bersatu, serta dengan tegas menyatakan tidak mendukung Munaslub tersebut sebab menyalahi AD/ART,” ujar Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi, Kadin Indonesia Eka Sastra, dalam keterangan tertulis pada Jumat (13/9/2024).

Arsjad buka suara

Arsjad Rasjid yang sebelumnya menjabat Ketum Kadin Indonesia, sangat menyayangkan kegiatan Munaslub ilegal yang diselenggarakan Sabtu lalu. Lantaran kegiatan tersebut menjadi upaya individu dan kelompok mengambil alih kepengurusan Kadin dengan menyalahi aturan yang berlaku.

“Sesuai aturan yang ada, bahwa kami tidak mengakui terjadinya Munaslub di Sabtu lalu. Hanya ada satu Kadin Indonesia, satu-satunya Organisasi yang lahir dari UU ditegaskan Keppres 18/2020 dan punya landasan hukum yang kuat melalui AD/ART. Kami menyesalkan adanya kegiatan yang melanggar UU dan Kepres itu,” ungkap Arsjad saat konferensi pers di JS Luwansa, Minggu (15/9/2024).

Oleh karena itu. Arsjad menegaskan bahwa Munaslub yang terjadi pada Sabtu lalu tidak sah.

“Sekali lagi Munaslub Kadin Indonesia di Sabtu 14 September 2024 tidak Sah!” tandas Arsjad.

Hari ini, kata Arsjad, mayoritas Kadin Provinsi perwakilan hadir sebanyak 21 dari 35 Provinsi, di mana Ketum hadir secara tegas pihaknya memegang surat. Di bilang, Semua Ketua Provinsi Kadin dan menolak tegas karena tidak memenuhi syarat hukum sesuai hukum yang berlaku.

Ia pun membantah dirinya digulingkan karena cuti dari jabatannya dan memilih menempati posisi Ketua Pemenangan Tim Ganjar-Mahfud saat Pemilu 2024.

Arsjad menegaskan bahwa semua keputusannya selalu dikonsultasikan terlebih dahulu ke teman-teman Kadin daerah dan pengurus harian.

“Bisa ditanyakan langsung kepada teman-teman Ketum daerah setiap langkah yang saya lakukan saya berkonsultasi dengan temen Kadin daerah, pengurus harian sampai pun akhirnya saya harus memutuskan menjadi salah satu ketua dalam tim pemenangan itupun juga saya ajak bicara,” jelasnya.

Pada waktu itu, dia pun memutuskan mengambil cuti, tetapi teman-teman di Kadin meminta untuk tidak cuti. Pasalnya, berdasarkan AD/ART, dirinya tidak perlu cuti. Namun, dia tetap pada pendiriannya untuk memberikan contoh yang baik.

“Saya putuskan ke teman-teman kita harus tunjukkan good governance bahwa kita memastikan kita selalu mengacu pada good governance maka saya putuskan melaksanakan yang namanya berhalangan hadir maupun itu yang saya lakukan,” katanya.

Sayang, Arsjad enggan mengungkapkan nama oknum atau kelompok yang berada di balik Munaslub Sabtu lalu.

Alasan Desakan Munaslub Kadin Indonesia

Pengurus Kadin Daerah dan Anggota Luar Biasa (ALB) Kadin mendesak segera Munaslub. Desakan itu muncul menyikapi dinamika yang terjadi di tubuh Kadin, untuk mewujudkan wadah organisasi pengusaha yang netral sebagai mitra strategis pemerintah.

Selain oleh pengurus Kadin Daerah, desakan munaslub juga disuarakan pengurus asosiasi pengusaha. Mereka meminta Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia untuk segera menggelar Munaslub.

“Kami para ketua umum Kadin Provinsi yang hadir bersama asosiasi pengusaha sebagai Anggota Luar Biasa Kadin Indonesia, menyikapi dinamika yang terjadi di Kadin Indonesia, mendesak segera digelar Munaslub. Desakan ini demi kepentingan Kadin Indonesia yang kita cintai bersama ke depan,” ujar Ketua Kadin Bangka Belitung Thomas Jusman.

Thomas menegaskan, Kadin Provinsi seluruh Indonesia bersama pemerintah harus menjaga dan meneguhkan lembaga Kadin Indonesia, dalam berpartisipasi aktif membangun bangsa.

“Kami bersepakat atas dasar mufakat, mengusulkan kepada Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia untuk melaksanakan Musyawarah Nasional Luar Biasa Kadin Indonesia,” tegas Thomas.

Menurutnya, Munaslub Kadin yang diusulkan merupakan jalan terbaik untuk iklim dunia usaha dan kebaikan bersama. Hal ini mengingat Kadin merupakan tempat berhimpun para pengusaha dan asosiasi yang netral dan konsisten sebagai mitra strategis pemerintah.

Ketua Umum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Nita Yudi sepakat perlunya segera digelar Munaslub. Hal itu untuk menjaga keberlanjutan pertumbuhan ekonomi, keselarasan dalam tata laksana pemerintahan, dan kebermanfaatan untuk kemajuan daerah dan negara.

“Harapan kami Munaslub bisa segera dilaksanakan dan dapat berjalan dengan baik dan lancar demi kepentingan Kadin Indonesia yang kita cintai bersama,” kata Nita.

Gelombang panas berlanjut di Jepang, pecahkan rekor suhu tertinggi

Sebagian besar wilayah di Jepang, mulai dari Kanto hingga Kyushu, pada Sabtu (14/9) mengalami panas terik pada akhir musim panas, dengan sistem tekanan tinggi mendorong kenaikan suhu, menurut badan cuaca negara itu.

Dari 914 lokasi pemantauan di seluruh negeri, 542 di antaranya mencatat suhu 30 derajat Celsius atau lebih, menurut laporan Badan Meteorologi Jepang (Japan Meteorological Agency/JMA).

Menurut data, suhu tertinggi yang tercatat di seluruh Jepang adalah 37,8 derajat Celsius di Kota Minamishimabara, Prefektur Nagasaki.

Tokyo juga dilanda panas terik dengan suhu tertinggi 34,5 derajat Celsius tercatat di Chiyoda di pusat kota Tokyo.

Jika suhu melampaui 35 derajat Celsius pada atau setelah Minggu (15/9), kondisi ini akan menandai hari dengan suhu panas ekstrem terbaru yang tercatat sejak pencatatan dimulai, menurut JMA. Sebelumnya, hari dengan suhu 35 derajat yang tercatat terakhir kali terjadi pada 12 September 1942.

Menurut JMA, cuaca diperkirakan akan berubah pada Minggu, seraya menambahkan bahwa perenggan cuaca yang bergerak ke selatan dari utara ke timur Jepang akan membawa langit berawan dan hujan ke daerah-daerah seperti Kanto-Koshin.

Namun, suhu di Tokyo diperkirakan masih akan mencapai 34 derajat Celsius.

kas138

Anindya Bakrie Hadir di Munaslub Kadin Siang ini, Apa Agendanya?

CEO Bakrie Group Anindya Bakrie (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
Foto: CEO Bakrie Group Anindya Bakrie (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) daerah tengah bersiap menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) di St Regist, Jakarta, Sabtu (14/9/2024).

“Ya kita menyikapi dinamika yang terjadi dalam Kadin Indonesia, untuk demi kepentingan Kadin Indonesia yang lebih baik ke depan,” kata Ketua Kadin Bangka Belitung Thomas Jusman di lokasi acara.

Thomas belum mau berbicara banyak terkait acara yang digelar hari ini. Ia hanya meminta publik mengikuti perkembangan yang terjadi di Munaslub.

Sementara itu, di lokasi yang sama, Ketua Pelaksana Munaslub Bayu Priawan Djokosoetono mengatakan, acara Munaslub hari ini sah digelar, karena telah sesuai dengan AD/ART organisasi.

Ia mengatakan, mayoritas Kadin daerah atau tingkat provinsi sudah hadir di lokasi. Menurut Bayu, setidaknya sudah sekitar 20 Kadin daerah yang akan mengikuti acara Munaslub ini.

“Sudah sesuai AD/ART, dihadiri oleh peserta yang mayoritas dan kuorum, lebih dari 20,” kata Bayu.

Pantauan di lokasi, telah hadir Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia Anindya N. Bakrie di lokasi acara, selain itu juga nampak Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo.

Sebagai informasi, sebelumnya Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan bahwa upaya menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) melanggar Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Kadin Indonesia.

Selain itu, upaya Munaslub dengan agenda menggantikan Ketua Umum yang masih menjabat saat ini juga berpotensi menimbulkan perpecahan di tubuh organisasi yang nantinya merugikan iklim dunia usaha nasional.

“Mencermati perkembangan informasi yang beredar mengenai rencana menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Kadin Indonesia oleh sejumlah pihak, kami selaku Dewan Pengurus Kadin Indonesia melihat upaya ini telah menciptakan situasi yang mengancam keharmonisan organisasi Kadin di seluruh Indonesia sebagai mitra strategis pemerintah dalam membangun perekonomian yang inklusif dan berkelanjutan,” ungkap Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi, Kadin Indonesia Eka Sastra dalam keterangannya, Jumat (13/9/2024).

Eka menjelaskan, Kadin Indonesia adalah organisasi yang berfungsi sebagai wadah bagi pengusaha dan mitra strategis pemerintah yang ditetapkan berdasarkan Undang Undang Nomor 1 Tahun 1987 (UU Kadin) dan ditegaskan dalam Keppres No. 18 tahun 2022 tentang AD/ART Kadin Indonesia, di mana M Arsjad Rasjid PM merupakan Ketua Umum Kadin Indonesia terpilih masa bakti 2021-2026.

Arsjad Rasjid dipilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia masa bakti 2021-2026 berdasarkan keputusan bersama pada Munas VIII Kadin Indonesia tertanggal 30 Juni 2021, di Kendari, Sulawesi Tenggara.

“Dengan begitu, seluruh anggota Kadin, baik Kadin Daerah maupun Anggota Luar Biasa memiliki kewajiban hukum untuk melaksanakan amanah UU dan menegakkan AD/ART dalam aktivitas organisasi,” tegasnya.

Sesuai dengan AD/ART Kadin Indonesia, Munaslub hanya dapat digelar apabila ada pelanggaran terhadap prinsip-prinsip yang tertuang di dalamnya, dan itu pun setelah diberikan dua kali peringatan tertulis yang tidak diindahkan. Selain itu, permintaan untuk Munaslub harus diajukan oleh minimal setengah dari jumlah Kadin Provinsi dan setengah dari jumlah Anggota Luar Biasa.

“Sampai saat ini, kami selaku Dewan Pengurus belum pernah menerima surat peringatan terkait adanya pelanggaran yang dilakukan baik oleh Dewan Pengurus maupun Ketua Umum. Karena itu, kami baik di tingkat Provinsi maupun di Kabupaten/Kota, dan seluruh Anggota Luar Biasa tetap solid dan bersatu, serta dengan tegas menyatakan tidak mendukung Munaslub tersebut sebab menyalahi AD/ART,” tutur Eka.

Eka menambahkan, situasi dan dinamika yang saat ini bergulir merupakan bagian dari perjalanan organisasi. Namun, semangat mengedepankan mekanisme AD/ART yang sesuai dengan UU Kadin dan Keppres Kadin harus menjadi dasar dalam perjalanan organisasi.

“Kami mengimbau agar para pihak dapat dengan bijak mengambil sikap bersatu dan mengutamakan kepentingan organisasi demi kemajuan perekonomian nasional. Tantangan perekonomian ke depan semakin sulit dan tidak dapat tercapai jika dunia usaha tidak bersinergi dan kolaborasi secara inklusif dan gotong royong dalam semangat Bhineka Tunggal Ika,” ungkap

Ketakutan Jokowi di Ujung Masa Jabatan Kian Nyata, Ini Buktinya

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan dalam Indonesia International Sustainability Forum, Jakarta, Kamis (5/9/2024). (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Foto: Presiden Joko Widodo memberikan sambutan dalam Indonesia International Sustainability Forum, Jakarta, Kamis (5/9/2024). (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah mewanti-wanti kekhawatirannya terhadap peredaran uang yang makin kering pada akhir 2023 lalu. Dan kali ini, ketakutan tersebut makin nyata terjadi.

Jokowi menilai masalah tersebut muncul karena Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan BI menerbitkan terlalu banyak instrumen, yakni Surat Berharga Negara (SBN), Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) dan Sekuritas Valas Bank Indonesia (SVBI).

Setelah itu, likuiditas bank membaik. Pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) mengalami akselerasi, walaupun masih terpaut jauh dibandingkan dengan pertumbuhan kredit.

Akan tetapi pada paruh pertama tahun ini, pertumbuhan DPK kembali melambat dalam dua bulan beruntun DPK tumbuh melambat, terutama pada rekening giro.

Bank Indonesia (BI) menunjukkan pertumbuhan DPK melandai menjadi 7,5% (year on year/yoy) pada Juli 2024 atau lebih rendah dibandingkan Juni 2024 yang berada di angka 8,2% yoy. DPK melandai dua bulan beruntun setelah menyentuh titik tertingginya pada Mei 2024 yakni 8,5% yoy.

Pertumbuhan DPK yang melambat ini terjadi baik dalam rupiah maupun valuta asing (valas). Penghimpunan DPK berdasarkan valuta rupiah juga melandai menjadi 5,9% yoy pada Juli 2024 dan valas juga melandai menjadi 16,7% yoy.

Hal ini kemudian diikuti oleh menurunnya jumlah kelas menengah di Indonesia. Seyogyanya segmen ini merupakan kelas yang memiliki alokasi tabungan dari total pendapatan.

Kelas menengah di Indonesia turun kasta sejak masa krisis Pandemi Covid-19, berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS). Pada 2019 jumlah kelas menengah di Indonesia 57,33 juta orang atau setara 21,45% dari total penduduk. Lalu, pada 2024 hanya tersisa 47,85 juta orang atau setara 17,13%.

Artinya ada sebanyak 9,48 juta warga kelas menengah yang turun kelas. Karena, data kelompok masyarakat kelas menengah rentan atau aspiring middle class malah naik, dari 2019 hanya sebanyak 128,85 juta atau 48,20% dari total penduduk, menjadi 137,50 juta orang atau 49,22% dari total penduduk.

Demikian juga dengan angka kelompok masyarakat rentan miskin yang ikut membengkak dari 2019 sebanyak 54,97 juta orang atau 20,56%, menjadi 67,69 juta orang atau 24,23% dari total penduduk pada 2024. Artinya, banyak golongan kelas menengah yang turun kelas kedua kelompok itu.

“Bahwa memang kami identifikasi masih ada scarring effect dari Pandemi Covid-19 terhadap ketahanan dari kelas menengah,” ucap Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti dikutip Sabtu (31/8/2024).

Sementara itu, pertumbuhan tabungan masyarakat yang kurang dari Rp100 juta dari Juli 2016 hingga Juli 2019 tercatat sebesar 26,3%. Sementara masyarakat dengan tabungan Rp100 juta hingga Rp200 juta di periode yang sama bertumbuh 29,4%.

Pertumbuhan ini tampak mengalami penurunan jika dibandingkan dengan kondisi Juli 2021 hingga Juli 2024 yang hanya bertambah 11,9% untuk masyarakat dengan tabungan kurang dari Rp100 juta dan naik 13,3% untuk masyarakat dengan tabungan Rp100 juta hingga Rp200 juta.

Berbeda halnya dengan masyarakat yang memiliki tabungan di atas Rp5 miliar atau yang banyak diisi oleh pihak korporasi, justru cenderung mengalami peningkatan yang signifikan.

Pada Juli 2016 hingga Juli 2019 tercatat mengalami kenaikan sebesar 29,7% dan pada Juli 2021 hingga Juli 2024 kembali bertumbuh bahkan lebih tinggi yakni sebesar 33,9%.

Ketua Dewan Komisioner (DK) LPS, Purbaya Yudhi Sadewa berekspektasi pertumbuhan DPK perbankan bakal tumbuh sampai double digit tahun depan. Menurutnya, itu dapat dicapai dengan merealisasikan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 7% hingga 8%.

“Otomatis kalau ekonominya baik, pertumbuhan DPK juga bagus, uang saya [LPS] makin banyak. Ekonominya juga stabil, jadi uangnya makin bertumbuh. Jadi ekspektasi kita begitu. Dan peluang untuk itu terbuka lebar,” ujarnya selepas Bloomberg CEO Forum di St Regis Jakarta, Rabu (4/9/2024).

Purbaya juga menegaskan, jika pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat bisa direalisasikan dengan segera tahun depan, maka kita akan bisa double digit DPK-nya.

Terpisah, Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BTN) Nixon Napitupulu mengatakan, bahwa likuiditas tersedia, namun mahal akibat dampak dari suku bunga tinggi yang diperkirakan bertahan lama.

“Likuiditas aman, likuiditas no issue. Cuma masalah kan harganya. Jadi kalau tanya ‘Likuiditas ketat nggak?’ Definisi ketat itu kan pesannya nggak ada. Likuiditas ada, tapi harganya naik. Itu yang terjadi Jadi lo beli pakaian, pakaian ada nggak? Ada, tapi harganya naik,” kata Nixon di Perumahan Pesona Kahuripan 9, Kabupaten Bogor, dikutip Minggu (8/9/2024) lalu.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan Strategi PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) Sigit Prastowo mengatakan likuiditas tetap menjadi concern utama bank pelat merah itu untuk semester II-2024. Ia mendasari itu dari rasio pinjaman terhadap simpanan bank BUMN yang mengalami tren kenaikan.

Ia melanjutkan, permintaan kredit pun cukup tinggi. Namun, itu tidak diimbangi dengan pertumbuhan simpanan atau dana pihak ketiga yang tinggi.

“Terus kedua, di sisi pertumbuhan atau demand kreditnya cukup tinggi. Jadi memang secara umum, kalau secara industri pertumbuhan kreditnya itu lebih tinggi dari pertumbuhan fundingnya. Loan kan secara nasional tumbuhnya kira-kira 11-12%, fundingnya tumbuhnya 7-8%. Otomatis ini akan dorong kenaikan LDR secara keseluruhan. Sehingga bisa dibilang liquidity ini tetap akan menjadi concern,” ujar Sigit.

Terpisah, Direktur Kepatuhan OK Bank Efdinal Alamsyah menyampaikan bahwa tabungan yang terhimpun turun sekitar 12% secara tahunan atau year on year (yoy) per 4 September 2024.

Menurut Efdinal, menurunnya daya beli membuat nasabah mengalihkan pengeluaran mereka ke kebutuhan dasar atau barang yang lebih esensial.

“Ini bisa tercermin dari perubahan pola transaksi, misal penurunan pada transaksi di kategori seperti hiburan atau restoran, sementara ada peningkatan dalam kategori seperti bahan makanan atau kebutuhan rumah tangga,” katanya saat dihubungi CNBC Indonesia, Kamis (6/9/2024).