3 Daerah Siaga I Kekeringan, BMKG Ingatkan Bencana Mengintai RI

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan, berdasarkan jumlah Zona Musim (ZOM), sebanyak 60% wilayah Indonesia kini memasuki musim kemarau.

Wilayah yang sedang mengalami musim kemarau meliputi sebagian Aceh, sebagian Sumatra Utara, Riau, sebagian Bengkulu, Jambi, sebagian Sumatra Selatan, Lampung, Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), sebagian Kalimantan Tengah, Sebagian Kalimantan Selatan, sebagian Kalimantan Timur, sebagian Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan, sebagian Sulawesi Barat, sebagian Sulawesi Tenggara, sebagian Maluku, dan sebagian Papua Selatan.

Dalam unggahan di akun Instagram resmi milik BMKG terungkap, pada Dasarian II Agustus tahun 2024 umumnya diprediksi curah hujan berada di kriteria rendah-menengah (0-150 mm/dasarian).

Sementara itu, dalam unggahan berikutnya, BMKG mengungkapkan, saat ini ada sejumlah wilayah di Indonesia yang tak mengalami hujan selama berturut-turut, bahkan sampai lebih 100 hari.

“Hingga awal Agustus 2024, Hari Tanpa Hujan (HTH) terlama terjadi di Mapoli, Nusa Tenggara Timur, yakni sebanyak 113 hari (kategori Panjang Ekstrem),” tulis BMKG, dikutip Kamis (15/8/2024).

“Sementara itu dari pantauan citra satelit terdapat sejumlah titik panas yaitu di NTT, Kalimantan Barat, NTB, Kalimantan Selatan,” sebut BMKG.

BMKG pun memperingatkan sejumlah wilayah dalam kategori awas berpotensi mengalami bencana kekeringan meteorologis.

“Saat ini separuh wilayah Indonesia sudah mengalami musim kemarau. Pada Dasarian II Agustus 2024, beberapa wilayah dari Jawa Timur, NTB dan NTT diprakirakan berpotensi mengalami kekeringan secara meteorologis dengan kategori Awas,” sebut BMKG.

“Kepada masyarakat khususnya yang berada di wilayah dengan potensi kekeringan dan kebakaran lahan tinggi untuk mengantisipasi dampak risiko,” demikian peringatan BMKG.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*